Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

2 min read

kelebihan dan kekurangan cloud computing

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing – Cloud Comuting atau Komputasi Awan merupakan sebuah pemanfaat teknhnologi komputer pada sebuah jaringan internet yang biasa kita lihat dalam sebuah lambang awan.

Sederhananya, komputasi awan adalah cara komputer bekerja dengan layanan Internet untuk melakukan aktivitas terkait data. Yang nantinya akan menyimpan data dari komputer di Internet.

Karena cloud direpresentasikan dalam jaringan, ada sesuatu yang abstraksi atau tersembunyi di jaringan. Ini berarti bahwa orang lain dapat mengakses sistem informasi melalui Internet seperti pengguna, tetapi tidak dapat melihat secara detail bagaimana prosesnya.

Setiap komputer yang menggunakan komputasi awan mengubah Internet menjadi server pusat untuk menyimpan data dan mengelola aplikasi pengguna. Bagi pengguna yang menggunakan teknologi cloud computing untuk menjalankan programnya, proses instalasi tidak diperlukan dan pengguna dapat mengakses data pribadi melalui komputer selama terkoneksi dengan internet.

Saat menggunakan suatu benda tertentu tidak lepas dari segala kelebihan dan kekurangannya. Hal yang sama berlaku untuk penggunaan komputasi awan. Komputasi awan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Diantaranya dijelaskan sebagai berikut:

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing atau Komputasi Awan

Pada artikel ini akan memberikan ulasan lengkap apa saja kelebihan dan kekurangan dari cloud computing. Oleh karena itu jangan sampai lewatkan informasi menarik dari kami berikut ini.

A. Kelebihan Cloud Computing

Dibawah ini adalah kelebihan cloud computing yang sering dijumpai oleh para pengguna.

1. Fleksible

Maksud kami Fleksible disini adalah Cloud Computing memiliki kelebihan yaitu dapat diakses dimana saja. Karena data kami disimpan di server di Internet menggunakan komputasi awan, pengguna dapat dengan mudah mengakses data di mana saja, kapan saja, selama mereka terhubung ke Internet.

2. Biaya Lebih Murah

Penggunaan komputasi awan sangat murah untuk alokasi perangkat keras. Komputasi awan juga tidak memerlukan perawatan dan mengurangi konsumsi daya.

3. Lebih Hemat Biaya Operasional

Keunggulan lain dari komputasi awan, adanya sistem komputasi awan, memungkinkan perusahaan atau instansi mengurangi infrastruktur komputer, yang membutuhkan biaya akuisisi dan pemeliharaan yang signifikan.

4. Simple

Jika data yang tersedia untuk kami terlalu besar, penyediaan sendiri secara otomatis meningkatkan kapasitas hanya dalam beberapa menit. Jadi tidak perlu menambah jumlah komputer.

5. Ketersediaan Data

Sistem yang digunakan dalam komputasi awan dikembangkan untuk ketersediaan tinggi. Sistem sudah dalam data center yang menjamin ketersediaan daya, pendingin dan perangkat lain yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam.

6. Memudahkan Manajemen Data

Penggunaan layanan cloud yang menyediakan dan menawarkan penyimpanan sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan manajemen data di sini untuk mengurangi atau mereproduksi data yang disimpan di server cloud.

7. Kemanan Terjamin

Jadi Anda tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan cloud computing karena sudah pasti aman selama Anda mencari partner yang sudah memiliki sertifikat atau standar ISO untuk memastikan keamanannya.

Kekurangan Cloud Computing

Selain memiliki kelebihan, Cloud Computing tentu saja juga memiliki kekurangan atau kelemahan. Untuk lebih jelasnya bisa simak ulasan berikut.

1. Bergantung Pada Jaringan Internet

Internet adalah satu-satunya cara untuk komputasi awan. Jika Anda tidak memiliki koneksi internet atau koneksi internet ke penyedia cloud bermasalah, akses otomatis ke mesin cloud computing Anda secara otomatis terputus.

Dari sinilah kendala terbesar di Indonesia karena belum semua wilayah terjangkau akses internet.

2. Hanya Vendor Tertentu Yang Aman

Dengan menggunakan sistem cloud computing, Anda mempercayakan keamanan dan kerahasiaan data Anda sepenuhnya kepada penyedia cloud. Untuk melakukan ini, Anda perlu mencari mitra komputasi awan yang sudah memiliki sertifikat atau standar ISO untuk memastikan keamanan mereka.

Penggunaan Cloud Computing di Perusahaan dan Perguruan Tinggi

Komputasi awan yang kini mulai diterima dalam berbagai aspek, salah satunya diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Dengan cloud cmputing, universitas dapat menurunkan biaya pembelian perangkat keras dan perangkat lunak serta menghemat biaya perekrutan staf TI. Kampus hanya perlu membayar per bulan tergantung pada penggunaan dan menerima pencadangan data otomatis dan pembaruan perangkat lunak tanpa biaya tambahan.

Nah, salah satu sistem informasi akademik yang diimplementasikan cloud computing adalah SIAKAD cloud. SIAKAD Cloud menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang tersimpan di server dan telah menerapkan teknologi Disaster Recovery Center, yang menjamin keamanan data jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan di kampus. SIAKAD Cloud adalah solusi untuk sistem informasi akademik jaman sekarang.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Kesimpulan

Demikianlah artikel dari KDK Produk tentang kelebihan dan kekurangan cloud computing semoga dengan artikel ini Anda sudah bisa memahami kelemahan serta keunggulan jika seseorang menggunakan Cloud Computing tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *