Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

5 min read

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a12

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12 – Belum lama ini Samsung mengeluarkan sebuah Smartphone unggulan dengan seri A12. Seri ini merupakan updatean dari Samsung Galaxy A11. Tentu saja semakin tinggi tingkatan ponsel tersebut pasti akan memiliki fitur yang lebih baik juga.

Samsung dengan seri Galaxy A merupakan sebuah Ponsel besutan Samsung Group yang dikenal dengan harga yang murah. Karena hanya memiliki dana sebesar 2,5 jutaan saja Anda sudah bisa meminang Smartphone dengan spesifikasi yang bagus ini.

Namun sebagian besar orang juga masih penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Galaxy A12 ini. Disisi lain harga yang murah, ternyata performa mesin dan desain juga tidak terlihat murahan lho.

Oleh karena itu untuk menjawab rasa penasaran dari pembaca setia KDK Produk. Marilah kita simak keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A12 berikut ini.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Galaxy A12 merupakan smarpthone yang rilis sejak tahun 2020 yang lalu. Ponsel ini memiliki kualitas layar PLS TFT dengan lebar 6,5 inch. Selain itu Chipset dari Galaxy A12 juga sudah dilengkapi dengan MediaTek Helio P35 dengan ukuran 12 nm.

Ukuran dari RAM serta Memroi internal juga tidak bisa Anda ragukan. Untuk seri Samsung Galaxy A12 ini memiliki 2 jenis ram yaitu 4Gb dan 6Gb. Tentu keduanya memiliki harga yang berbeda. Sedangkan untuk memori internal dari HP ini adalah 128 GB. Untuk memeroi eksternalnya mencapai 512 GB.

Dilihat dari segi ruang penyimpanan, RAM dan Chipset sudah bisa dikatakan bahwa Samsung Galaxy A12 ini termasuk HP Gaming murah dibawah 3 juta. Bagi Anda yang suka dengan aktifitas Selfie tentu sangat direkomendasikan menggunakan ponsel Samsung A12 ini. Karena dilengkapi dengan 4 kamera belakang dan 1 kamera depan.

48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP untuk kamera belakang dan 8 MP kamera depan. Dilihat dari spesifikasinya sudah bisa kita simak sekilas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A12 ini.

Bagi yang suka menonton Film atau Main game Anda tidak perlu takut kehabisan baterai. Karena baterai yang digunakan sudah memiliki daya yang besar yakni 5000 mAh.

Harga Samsung Galaxy A12 adalah Rp. 2,1 juta – Rp 2,6 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Jika sudah melihat harga dan spesifikasi diatas, kami ingatkan kepada Anda sebelum membeli ponsel A12 alangkah baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan dari HP tersebut.

Dibawah ini sudah kami rangkum untuk sahabat KDK Produk terkait kelemahan serta keunggulan dari HP Samsung A12.

Kelebihan Samsung Galaxy A12:

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A12.

1. Memiliki Ruang Penyimpanan Yang Besar ( RAM dan Internal )

RAM dan Internal Memory dari Samsung Galaxy A12 ini bisa dikatakan sebagai kelebihan. Pasalnya ponsel ini dibanderol dengan harga yang murah jika kita bandingkan dari spesifikasi yang dimilikinya.

Anda bebas memilih menggunakan Galaxy A12 dengan RAM 4 atau 6 karena Ponsel ini memang menawarkan 2 kategori yang berbeda namun dalam satu seri. Selain itu Anda juga tetap bisa menambahan ruang penyimpanan eksternal hingga 512 Mb.

Samsung Galaxy A12 juga sudah dilengkapi dengan dual sim dimana Anda bisa menggunakan kartu SIM tersebut untuk berbagai kepentingan.

2. Kualitas Kamera Yang Bagus ( 48 MP dan 8 MP )

Saat ini memang jarang kita temui HP dengan harga murah namun memiliki kualitas fotografi yang bagus. Dengan lensa kamera 48 MP dan 8 MP sepertinya akan memuaskan Anda berfoto ketika sedang liburan bersama keluarga atau teman.

Dengan tampilan kamera yang begitu estetik dibagian pojok kiri atas dengan model persegi. Kamera tersebut antara lain adalah Macro Camera 2 MP ( F2.4), Ultra Wide Camera 5 MP ( F2.2), Main Camera 48 MP (F2.0) dan Depth Camera F2.4).

Kamera ini sangat cocok digunakan untuk memfoto pemadangan, objek jarak dekat dan daerah yang luas. Kamera Galaxy A12 juga sudah dilengkapi dengan efek blur saat digunakan untuk mempotret.

Untuk kebutuhan Selfie juga tidak akan mengecewakan Anda. Kamera ini akan menampilkan hasil yang jerih dan indah untuk dipandang. Selain itu juga dilengkapi dengan resolusi video hingga 1080p.

3. Baterai Awet ( 5.000 mAh )

Meski merupakan seri Galaxy A, ponsel ini tetap memiliki kapasitas baterai yang tergolong besar. Padahal, seperti yang sering terjadi, baterai jumbo identik dengan seri Galaxy M. Galaxy A12 dengan baterai LiPo berkapasitas 5.000 mAh menawarkan masa pakai yang lama, baik untuk menonton YouTube, bermain game maupun chatting.

Ya, kapasitas 5.000 mAh memang bukan hal baru yang menghiasi jajaran produk smartphone murah di Indonesia. Penggemar Samsung tidak perlu mencari stopkontak setiap kali pergi ke suatu tempat. Perusahaan Korea Selatan mengklaim bahwa pemutaran audio bisa memakan waktu hingga 109 jam. Seperti penggunaan normal sehari-hari, perangkat ini dijamin bisa bertahan hingga seharian penuh.

Klaim tentang masa pakai baterai juga telah terbukti. Situs GSM Arena telah menguji baterai Samsung Galaxy A12. Sejalan dengan itu, hasil pengujian menunjukkan durasi penggunaan web browser selama 16 jam 18 menit atau selama 31 jam penggunaan ponsel 3G. Samsung Galaxy A12 juga berhasil mendapatkan rating ketahanan yang cukup baik yaitu 123 jam.

4. Dilengkapi Dengan Finger-Print

Tampilan desain bodi belakang Galaxy A12 memang memukau, dengan corak garis yang mudah digenggam dan tidak meninggalkan sidik jari. Namun, yang membuatnya terlihat sangat bagus adalah kurangnya sensor sidik jari. Mengapa? Pasalnya, sensor sidik jari Galaxy A12 sebenarnya berada di samping dengan tombol on / off.

Itu tentu saja merupakan keuntungan. Selain membuat bodi belakang lebih rapi, posisi sensor sidik jari di bagian samping dinilai tepat karena memberikan kesan natural saat jari diletakkan di atas sensor.

5. Design Elegan dan Unik

Ponsel tidak hanya dituntut memiliki spesifikasi yang canggih, namun juga dinilai dari penampilannya. Dalam hal ini, Samsung Galaxy A12 lebih unggul karena menghadirkan desain case bertekstur yang enak dipandang. Tubuh terbuat dari plastik polikarbonat, yang kokoh dan menawan. Plus, Anda akan melihat tekstur tipis bergaris diagonal yang melengkapi sisi estetika ponsel.

Di bagian bawah adalah font merek Samsung, yang dibingkai dengan semacam penanda, yang membuat ponsel terlihat unik dan bergaya. Setidaknya casing ponsel ini terlihat jauh lebih segar dibandingkan beberapa ponsel flagship Samsung yang terkesan lebih kaku atau lebih menjemukan.

Kekurangan Samsung Galaxy A12

Setiap ponsel canggih memiliki kekurangan, termasuk Samsung Galaxy A12. Agar Anda tidak membeli yang salah, kami ingin memperkenalkan kerugiannya di sini.

1. Resolusi Layar Kurang Memuaskan ( HD Plus )

Memiliki ponsel layar lebar bukan lagi impian. Hampir semua ponsel dari merek ternama dihadirkan dengan layar lebih besar dari 6,5 inci. Termasuk Samsung Galaxy A12 yang memiliki ukuran layar hanya 6,5 ​​inci, meski masih menggunakan resolusi HD Plus.

Layar dengan resolusi ini tentunya tidak mampu menghasilkan konten setajam Full HD Plus. Agak aneh meskipun ada banyak RP di luar sana. Sebanyak 2 juta ponsel sudah merelakan resolusi HD Plus demi menampilkan ketajaman yang enak dipandang, contohnya Redmi Note 9.

2. Chipset Kualitas Rendah ( MediaTek Helio P35 )

Apakah Anda berharap untuk memainkan game yang serius di ponsel Samsung Galaxy A12 ini? Mungkin Anda akan sedikit kecewa karena performanya kurang memadai dibandingkan ponsel lain. Sedangkan untuk dapur pacu, perangkat tersebut ditenagai oleh Helio P35 yang setara dengan seri Snapdragon 600.

Tenaga yang dihasilkan oleh chipset tersebut dianggap tidak sesuai untuk game yang menuntut PUBG Mobile dan Genshin Impact saat ini. Berdasarkan uji benchmark, Galaxy A12 hanya meraih 103.000 poin (AnTuTu v8).

Chipset Helio P35 sendiri berisi prosesor delapan inti yang merupakan gabungan dari dua cluster ARM Cortex A53. Ya, itu tidak datang dengan inti ARM Cortex A7X, yang menandakan bahwa chipset ini belum siap untuk gaming berat.

3. Pengisian Baterai Tergolong Lama

Baterai yang besar tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk terisi penuh. Khusus untuk Galaxy A12, waktu pengisian daya terlalu lambat untuk kapasitasnya. Ponsel ini dilengkapi dengan adaptor 15 W. Menurut pengujian GSM Arena, fungsi pengisian cepat ini tampaknya tidak dapat mengisi daya dengan cukup cepat.

Mengisi daya ponsel selama 30 menit hanya akan mengisi daya ponsel dari nol hingga 20%. Dan jika ingin terisi penuh, akan memakan waktu sekitar 3 jam. Alhasil, konsumen yang memiliki gaya hidup kencang bisa jadi merasa dimatikan dengan Galaxy A12 ini. Suka atau tidak, ponsel hanya ideal saat diisi daya dalam semalam.

4. Belum Tersedia Mode Malam

Wajar jika ponsel digunakan sebagai alat pengambilan foto yang andal. Namun pada saat kondisi pencahayaan yang gelap, hasil foto biasanya kurang optimal. Karena itulah beberapa ponsel dilengkapi dengan mode malam agar foto bisa terlihat lebih cerah meski di malam hari dengan tetap menjaga ketajaman yang baik.

Sayangnya, fitur night mode tidak bisa ditemukan di kamera Samsung Galaxy A12. Jadi, jika Anda merencanakan sesi foto dengan teman-teman, bawalah pencahayaan ekstra atau ubah jadwal untuk menyesuaikan dengan waktu.

5. Belum Mencakup Konetivitas NFC

Samsung Galaxy A12 merupakan salah satu ponsel termurah dengan konektivitas unggulan. Buktinya sudah menggunakan Bluetooth 5.0 dan mendukung port USB Type-C. Di beberapa negara, Samsung Galaxy A12 juga hadir dengan NFC, lho!

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Nah, ini dia hal yang disayangkan. Varian yang masuk ke pasar Indonesia ternyata tidak memiliki konektivitas NFC. Tapi tidak apa-apa karena itu jarang untuk RP. 2 juta ponsel memiliki fungsi ini.

Baca Juga: Ciri Ciri Lensa Kamera Berjamur

Kesimpulan

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A12. Dengan harga yang murah yaitu 2,5 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan ponsel dengan kualitas dan merk yang bagus. 

Terkhusus bagi yang gemar main game, Anda bisa menggunakan Samsung Galaxy A12. Karena ponsel ini memiliki kelebihan baterai yang cukup besar dan awet.

Namun sayangnya saat malam hari Anda tidak bisa menggunakan mode malam. Karena Galaxy A12 tidak dilengkapi dengan Night Mode.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *