Cara Mengatasi HP Mati Saat Baterai 50 Persen di Android

1 min read

cara mengatasi hp mati saat baterai 50 persen

Cara Mengatasi HP Mati Saat Baterai 50 Persen – Baterai di smartphone Android memang berperan sebagai bahan bakar utama supaya ponsel dapat terus menyala.

Akan tetapi, terdapat beberapa masalah kecil yang dapat terjadi, misalnya HP mati ketika baterai 50 persen. Masalah yang terjadi di baterai merupakan masalah yang serius.

Tak lain karena apabila baterai bermasalah tentunya kinerja dari ponsel pun juga akan menjadi turun. Bahkan malah dapat menimbulkan masalah yang lainnya di smartphone hingga menjadi kerusakan serius.

Apalagi apabila Kalian di setiap hari menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi dan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan.

Apabila ketika baterai di persentase 50 persen dan tiba-tiba mati, maka Kalian wajib mengetahui penyebabnya. Dan tentu juga perlu mengerti cara mengatasinya.

Masalah smartphone Android mati ketika baterai 50 persen ini memanglah jarang terjadi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat kalian alami. Lalu kenapa bisa HP mati saat baterai 50 persen?

Penyebab Baterai HP Mati Saat Baterai 50 Persen

  • Terjadi kesalahan pada sistem ponsel
  • Kerusakan di baterai
  • Persentase baterai ponsel error

Apabila tidak terjadi kerusakan di baterai, maka untuk mengatasinya masih dapat kita lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tukang service.

Jika memang baterai telah rusak ataupun bocor karena faktor usia, maka sudah waktunya kita mengganti baterai di ponsel.

Baterai yang rusak merupakan maslaah yang lumayan fatal dan hanya dapat di ganti dengan yang baru supaya performa ponselnya dapat kembali normal.

Apabila tetap menggunakan baterai yang lama maka performa ponsel akan mengalami penurunan. Bahkan akan sering mati sendiri ketika baterai berada di persentasi 50% ke bawah.

Tetapi apabila cukup karena error di persentase baterainya, kalian masih dapat menanganinya sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan cara mengatasi HP mati saat baterai 50 persen. Yuk kita simak bersama-sama.

Cara Mengatasi HP Mati Saat Baterai 50 persen di Android

Baterai HP Android yang mati ketika persentase 50 persen ataupun 50 persen masih dapat kita atasi dengan beberapa cara sebelum langkah terakhir ke tukang service. Sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi HP mati saat baterai 30 persen.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Casing pada Ponsel yang Anda miliki. Kemudian siapkan peralatan seperti PCB Android, Multitester Analog (jangan lupa dikalibrasi X10)
  2. Langkah selanjutnya menyambungkan kabel multitester ke Indikator Baterai (BSI) Posisikan Kabel Multitester (+) atau kalian bisa acak sampai benar benar menemukan jalur BSI.
  3. Lihat indikator di multitester, apabila jarumnya naik sampai mentok, berarti terjadi Short pada baterai. Setelah itu kalian bisa menggantinya dengan komponen yang baru.
  4. Apabila jarum tidak bergerak, maka ada yang putus pada kabel Baterai, Kamu bisa menggunakan Skematik Android untuk membantu memperbaikinya.
  5. Apabila jarum hanya naik setengah, kamu cukup mengganti komponen yang lemah atau bermasalah.

Biasanya masalah HP mati saat baterai 50 persen ini disebabkan oleh Jalur BSI di Baterai tersebut error. Maka kamu bisa menggunakan Baterai baru atau yang lainnya.

Kesimpulan

Itu tadi informasi dari kami mengenai cara mengatasi HP mati saat baterai 50 persen di Android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa membantu kalian semua. Selamat mencoba semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.