Cara Mempercepat Jaringan Wifi di Laptop dan PC

3 min read

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan beberapa cara mempercepat jaringan wifi di Laptop dan PC. Silahkan kalian ikuti tutorial di bawah ini jika ingin internet kalian menjadi lebih cepat dan tidak lemot.

Pada masa yang sekarang ini, teknologi nirkabel alias wireless fidelity (Wi-Fi) sudah berubah  menjadi salah satu kebutuhan yang utama bagi sebagian masyarakat di dunia. Melalui terhubung dengan internet, kita bisa menjadi lebih produktif.

Dengan adanya jaringan internet ini yang terhubung dengan Wifi, kalian dapat belajar ataupun bekerja di mana pun dan kapan pun. Akan tetapi, tidak jarang jaringan internet lemot, sehingga menjadikan kita merasa kesal. Pastinya hal ini juga akan menghambat pekerjaan kita sehari-hari.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat melakukan beberapa cara efektif di bawah ini untuk mengatasi internet lemot di laptop ataupun PC desktop.

Cara Mempercepat Jaringan Wifi di Laptop dan PC

Guna mempercepat jaringan wifi yang ada di perangkat komputer, caranya tidaklah sulit. Kalian cukup dengan mengikuti langkah mudah dan menyediakan perangkat penting untuk pendukung atau bahkan cukup dengan mengatur pada laptop atau PC saja.

Guna membantu kalian di dalam menjaga produktivitas menggunakan internet lancar, silahkan kalian simak cara lengkapnya berikut :

1. Lakukan Network Reset & Flushing DNS

Flush DNS dipakai untuk mereset cache DNS client (komputer) yang tengah dipakai guna menyesuaikan informasi dari perubahaan yang di alami di suatu domain, name server, DNS dengan data yang baru.

Apabila kalian melakukan hal tersebut, umumnya masalah koneksi internet yang tak stabil akan teratasi.

Cara mereset network dan cara flushing DNS :

  • Langkah pertama bukalah Command Prompt melalui klik kanan
  • Lalu pilihlah Run As Administrator
  • Ketik ipconfig/flushdns kemudian tekan tombol Enter yang ada di keyboard
  • Jika sudah selesai, ketik ipcofig/renew kemudian Enter
  • Terakhir tutup Command Prompt lalu coba kalian mengakses internet

2. Pilih Tempat dengan Sinyal Wifi Kuat

Salah satu bagian yang penting pada cara mempercepat jaringan Wifi di laptop atau pc yaitu memastikan komputer kalian memperoleh sinyal yang maksimal. Lokasi wifi adalah salah satu hal penting yang menjadi faktor penentu.

Pastikan juga untuk mempertimbangkan hal berikut supaya sinyal Wifi bisa menjadi lebih baik :

  • Sebisa mungkin jangan meletakkan router pada tempat yang terhalang oleh besi ataupun tembok.
  • Kalian dapat memakai repeater, alat yang memiliki fungsi guna menangkap sinyal wifi lalu memancarkan kembali yang merupakan salah satu cara mempercepat jaringan wifi. Taruhlah di daerah yang minim sinyal Wifi.
  • Jauhkan dari peralatan-peralatan yang memakai Bluetooth ataupun microwave baik itu dari router ataupun komputer. Karena sinyal dari peralatan-peralatan tersebut akan mengganggu kinerja dari sinyal Wifi.

3. Ubah Pengaturan QoS

Untuk pengguna komputer ataupun laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 8 ke atas, maka Windows akan secara default mengalokasikan 20 % bandwidth bagi kebutuhan Windows Update dan 80% bandwidth yang ada bagi internet kalian.

Jadi, salah satu cara memperceapt jaringan wifi yang dapat kalian coba yaitu melakukan setting penuh lebar pita pada internet kalian.

Berikut ini caranya :

  • Tekan Restart lalu pilih Run ketikkan “gpedit.msc” (tanpa mencantumkan tanda petik)
  • Kemudian tekan Local Computer Policy lalu klik Computer Configuration lalu Administrative Templates
  • Setelah itu tekan Network lalu QoS Packet Scheduler
  • Berikutnya double click atau klik dua kali di Limit Reservable Bandwidth
  • Pada menu Enable di klik. Kemudian isilah nilai 0 di Bandwidth
  • Tekan tombol Apply
  • Restart komputer

4. Atur IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara mempercepat jaringan wifi lainnya yaitu melalui setting IRPStackSize yang lebih tinggi. Apabila kalian meningkatkan nilai tersebut, maka kalian akan mendapatkan kecepatan internet yang lebih maksimal lagi. Untuk defaultnya, nilai IRPStackSize ini yaitu 15, padahal nilai tersebut dapat ditambahkan sampai 50.

Oleh sebab itu, kailan harus mengatur ulang pengaturan tersebut, berikut ini caranya :

  • Tekan Start, lalu Run, ketikkan “regedit” (tanpa tanda petik” guna membuka Registry Editor
  • Klik ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Service\LanmanServer\Parameters
  • Pada folder Parameter ini silahkan kalian klik kanan di file DWORD yagn bernama “IRPStackSize” kemudian tekan Modify lalu gantilah nilainya menjadi 50
  • Apabila kalian tidak menemukan file tersebut, buatlah file DWORD baru melalui klik kanan, lalu New, kemudian DWORD Value. Buatlah dengan nama “IRPStackSize” dan valuenya isi dengan 50
  • Tekan tombol OK, kemudian tutuplah Registry Editor
  • Silahkan restart komputer

5. Pilih Kanal denga Pemakaian Paling Rendah

Salah satu masalah yang sering ditemui berkaitan dengan koneksi wifi yang lambat yaitu kesalahan pada pemilihan “kanal”. Sinyal Wifi berjalan lewat kanal-kanal yang terdapat pada ruang terbuka.

Apabila di suatu kanal terdapat beberapa sinyal yang berjalan, maka sinyal akan menjadi tumpang tindih dan bisa mengganggu antara satu dengan yang lainnya.

Dan akhirnya pun akan membuat data loss dan sinyal pun juga harus di rebroadcast yang akhirnya akan menyebabkan penurunan pada kecepatan internet kalian.

6. Pakai Software untuk Analisis Wifi

Kalian dapat memakai software Wifi Analyzer gratis misalnya free inSSIDer utility guna melihat kanal mana yang memiliki penggunaan terbanyak.

Jika kalian sudah mengetahui kanal mana yang bisa kalian pakai, selanjutnya kalian dapat mengatur kanal di pengaturan router yang kalian pakai.

7. Cek Posisi Antena Router

Posisi antena router dapat menentukan kecepatan dari koneksi internet kalian. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk memastikan bahwa antena router ada di keadaan berdiri. Karena di posisi tersebut, router dapat menjadi lebih efektif ketika memancarkan sinyal internet menuju ke berbagai perangkat yang kalian pakai.

8. Periksa Kecepatan Internet

Ketika jaringan Wifi lemot, kalian harus tahu permasalahan yang sedang terjadi. Salah satunya yakni melalui mengecek kecepatan internet Wifi kalian.

Apabila koneksi internet kalian terhambah akan tetapi tidak menemukan masalah di router, maka kemungkinan besar internet lemot yaitu karena berasal dari penyedia layanan internet tersbut.

9. Periksa Kekuatan Sinyal Wifi

Tidak hanya kecepatan internet saja, namun kalian juga harus memeriksa kekuatan sinyal yang dikeluarkan oleh router wifi kalian.

Bagi pemeriksaannya, kalian dapat memanfaatkan aplikasi khusus untuk mengecek kekuatan sinyal Wifi. Aplikasi tersebut misalnya Wireshark, Cloudcheck, Amped, NetSpot dan lain sebagainya.

Pasitkan bahwa sinyal Wifi kalian ada pada kisaran -60 decibel-milliwatts (dBm) sampai lebih dari -50 dBm ataupun di atasnya. Apabila nilainya di bawah -70 dBm, maka sinyal yang dikeluarkan terlalu lemah dan tidak mampu memberi jaringan internet yang baik.

10. Pakai Router Berkualitas

Apabila seluruh cara di atas sudah kalian coba satu satu tetapi tetap tidak berhasil, maka kemungkinan besar akar permasalahannya yaitu ada di router tersebut. Mungkin saja umur rouoter kalian telah lumayan lama atau sudah rusak sampai performanya menurun. Selain itu, bisa juga karena kalian memakai perangkat yang low-end.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa router kalian memiliki kualitas yang baik. Namun jika tidak, kalian bisa mengeluarkan sedikit uang untuk membeli router yang baru yang memiliki kualitas lebih baik. Karena melalui itu akan membantu kalian untuk memastikan sinyal internet bisa selalu cepat dan lancar.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa cara mempercepat jaringan wifi di laptop dan PC yang bisa kalian coba. Mudah bukan? Kalian dapat mencobanya supaya jaringan internet kalian bisa menjadi lebih cepat sehingga produktivitas kalian lebih meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.