3 Cara Membersihkan Jamur Lensa Tanpa Bongkar Kamera

2 min read

Cara Membersihkan Jamur Lensa Tanpa Bongkar

Lensa kamera sering kali terkena jamur baik itu tingkat sedang maupun tingkat berat. Untuk itu kita harus membersihkan lensa kamera tersebut. Jika kalian tidak mengerti cara membersihkan jamur lensa tanpa bongkar kamera, kalian bisa simak artikel ini. Karena kami akan menjelaskan cara menghilangkan jamur yang menempel di lensa tanpa harus membongkar kamera.

Hal paling parah jika lensa terkena jamur adalah elemen optik lensa yang telah terlihat menyerupai kabut (fog). Komponen yang paling rawan terkena jamur adalah elemen lensa bagian dalam tergabung menjadi satu dengan proses pengeleman.

Apabila yang terkena jamur itu optik yang ada dalam lensa, maka kita wajib membongkar atau melepas elemen lensa tersebut. Namun sebelum membongkar lensa kalia harus memahami tehnik yang benar untuk pembongkaran lensa tersebut. Sebelum kalian membongkar lensa kamera sebaiknya kalian mengikuti buku panduan atau kalian bisa mencarinya di internet. Namun bila kalian tidak bisa membongkar lensa dengan benar kami sarankan untuk membongkarnya ditukang service kamera.

Namun untuk memastikan bahwa lensa kamera terkena jamur, kalian wajib mengetahui ciri ciri lensa kamera berjamur terlebih dahulu. Jika sudah pasti bahwa lensa kamera tersebut terkena jamur maka kalian bisa membersihkan jamur pada lensa dengan cara yang kami sampaikan di bawah ini.

Bagi yang tidak mengetahui cara membongkar lensa tapi ingin membersihkan jamur, maka kalian bisa mengikuti tutorial cara membersihkan jamur lensa tanpa bongkar kamera berikut ini.

Cara Membersihkan Jamur Lensa Tanpa Bongkar Kamera

Ada 5 cara membersihkan lensa yang terkena jamur tanpa harus membongkar body kamera. Silahkan ikuti caranya dibawah ini.

Menggunakan Sinar Ultraviolet atau UV

Dengan sinar ultraviolet atau UV, jamur yang melekat pada lensa kamera dapat dibersihkan dengan sangat mudah. Namun jika kalian menggunakan sinar ultraviolet, jamur tidak akan hilang secara cepat. Jamur yang berada pada lensa kamera tersebut akan berangsur-angsur menghilang Jika disinari dengan sinar ultraviolet secara rutin.

Menurut forum-forum fotografi, seseorang yang membersihkan jamur dengan sinar UV membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu sampai 3 bulan lensa yang berjamur tersebut benar-benar bersih.

Menggunakan Cairan Alkohol

Selain menggunakan sinar UV, kalian dapat membersihkan jamur lensa tanpa bongkar kamera menggunakan cairan alkohol. Cairan tersebut bisa kalian teteskan pada kapas atau menggunakan alat pembersih telinga.

Setelah itu kalian bisa membersihkan jamur lensa yang berada di dalam kamera menggunakan alat tersebut.

Menggunakan Bahan Kimia

Ada tiga jenis bahan kimia yang bisa digunakan untuk membersihkan lensa kamera yang terkena jamur. Bahan tersebut antara lain adalah:

Amonia

Kalian bisa membeli bahan kimia amonia ini melalui toko-toko bahan kimia. Namun untuk membeli bahan tersebut minimal harus membeli 10 liter.

Hidrogen Peroksida

Sama seperti amonia, Anda bisa membeli bahan kimia ini di toko bahan kimia. Semakin tinggi persentase alkohol yang ada di dalam bahan tersebut maka semakin baik untuk digunakan membersihkan jamur di lensa kamera.

Harga setiap liter dibanderol dengan harga Rp30.000

Air mineral

Yang terakhir adalah dengan menggunakan air mineral. Kalian bisa membersihkan lensa kamera yang bercampur dengan air mineral kemasan.

Kalian bisa membelinya di warung di sekitar rumah ataupun menggunakan Aqua.

Cara menggunakan bahan kimia untuk membersihkan jamur lensa tanpa bongkar kamera

Perlu kalian ketahui, kedua bahan kimia di atas cukup berbahaya jadi kalian harus berhati-hati ketika sedang membersihkan lensa kamera yang terkan jamur.

Cara menggunakan:

Mencampurkan Hidrogen Peroksida dengan Amonia, untuk perbandingan dari bahan tersebut adalah 50:50. Untuk jumlah penggunaan bahan kimia tersebut gunakan secukupnya saja, sesuai dengan banyaknnya jamur yang menempel pada lensa kamera.

Setelaj itu kalian bisa memasukan kapas atau cotton but ke dalam cairan yang sudah dicampurkan tadi. Lalu bersihkan bagian dalam lensa yang terkena jamur. Oles-oleskan bahan kimia tersebut hingga lensa kamera menjadi bersih.

Itulah cara membersihkan jamur lensa tanpa bongkar kamera dengan mudah. Dengan mengikuti tutorial yang kami sampaikan ini, sudah pasti lensa kameran yang Anda miliki terbebas dari jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.